Waspadai Gejala Gula Darah Naik


Apabila tingkat gula darah anda konsisten di titik angka 200 sampai 350 miligram/dl, itu bisa mungkin jadi salah satu gejala gula darah tinggi. Namun sayangnya seringkali banyak orang yang tidak mengetahui tingkat gula darah mereka dan tidak memahami gejala-gejala saat gula darah naik.

Gula darah yang naik ini tidak dapat kita remehkan karena bisa meningkatkan risiko anda untuk terkena penyakit diabetes. Hal ini juga bisa menimpa orang yang sama sekali tidak berisiko terkena diabetes, sehingga anda harus benar-benar diwaspadai. Berikut ini merupakan gejala yang perlu anda waspadai saat gula darah mulai naik.

Sering merasa haus

Merasa haus merupakan salah satu dari gejala yang paling umum saat gula darah mulai naik. Tanda lainnya adalah bibir yang kering

Sering buang air kecil

Buang air kecil secara teratur ini memang sangat penting sekali, namun apabila frekuensi buang air kecil bertambah sering sebaiknya anda perlu mewaspadainya. Saat gula darah naik, biasanya orang akan lebih sering merasa ingin buang air kecil bahkan saat kandung kemih merasa kosong.

Lesu

Gula darah yang meningkat juga dapat membuat anda mudah sekali merasa lesu dan tidak bersemangat. Selain itu gejala lainnya termasuk selalu merasa lelah, sakit kepala, dan pandangan kabur.

Nafsu makan bertambah

Hal ini merupakan salah satu gejala yang paling umum. Apabila anda sering merasa lapar bahkan setelah makan atau pada jam yang aneh, sebaiknya anda segera untuk mengkonsultasikannya tentang tingkat gula darah anda kepada dokter.

Dehidrasi

Rasa dehidrasi ini biasanya akan muncul saat orang kurang minum. Namun apabila anda memiliki kecenderungan penyakit diabetes, sebaiknya waspadalah karena dehidrasi juga merupakan salah satu tanda gula darah yang meningkat.

Penurunan berat badan

Berat badan yang secara tiba-tiba menurun itu juga merupakan salah satu tanda dari banyaknya masalah kesehatan termasuk gula darah yang tinggi. Apabila anda tiba-tiba mengalami penurunan berat badan sebaiknya segeralah cek kesehatan anda.

Glukosa dalam urine

Orang yang memiliki tingkat gula darah tidak akan mengeluarkan glukosa dalam urin, karena glukosa akan diserap oleh ginjal. Namun jika tingkat gula darah sudah naik, kemungkinan besar akan ada glukosa dalam urine. Jika anda melihat ada semut yang berkumpul disekitar kamar mandi setelah anda buang air kecil, bisa jadi ada glukosa dalam urine anda.

Gejala di atas tampak remeh dan tidak berkaitan dengan gula darah. Namun apabila anda mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya segeralah periksakan tingkat gula darah anda sebelum gula darah yang naik berimbas lebih fatal.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Waspadai Gejala Gula Darah Naik"