Faktor Penyebab Gula Darah Tinggi


Faktor Penyebab Gula Darah Tinggi | Tingginya kadar gula darah dalam tubuh itu merupakan penyebab dari penyakit diabetes. Penyakit diabetes ini diketahui bahwa merupakan penyakit yang banyak sekali menyerang pada orang Indonesia. Hal ini dikarenakan pola makan yang salah dan tidak teratur. Pada umumnya ada beberapa penyebab gula darah meningkat yang bisa kita ketahui. Dengan mengetahui faktor penyebab gula darah meningkat, maka kita dapat melakukan tindakan pencegahan. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab gula darah tinggi atau meningkat:

  • Kekurangan hormon insulin

Hormon insulin ini merupakan hormon yang sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Produksi hormon insulin yang kurang akan menjadi penyebab gula darah tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya kontrol secara rutin supaya kadar insulin di dalam tubuh bisa diketahui. Anda bisa mengecek kadar insulin secara rutin di puskesmas atau pun di rumah sakit terdekat.

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol

Makanan yang memiliki banyak kandungan kolesterol merupakan salah satu penyebab dari gula darah tinggi dan penyakit diabetes. Kolesterol yang tinggi di dalam darah akan meningkatkan gula darah, sehingga dapat terjadi penyakit diabetes. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya setelah anda memakan-makanan yang memiliki banyak kandungan kolesterol, segeralah untuk melakukan olahraga. Karena dengan olahraga mampu membantu membakan kolesterol dalam tubuh.

  • Mengonsumsi makanan yang manis

Mengonsumsi makanan yang manis secara berlebihan tanpa di kontrol itu juga merupakan penyebab gula darah meningkat dalam tubuh. Makanan yang manis ini banyak sekali dan sangat mudah di temui, kebanyakan semua orang menyukainya. Makanan tersebut antara lain contohnya seperti kue, es buah, gulali, dan lain-lain.

  • Kurang olahraga

Olahraga merupakan cara yang ampuh untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, Karena olahraga ini mempu membakar kalori pada tubuh kita. Bagi anda yang suka malas untuk melakukan olahraga kemungkinan besar anda akan memiliki kadar gula darah yang tinggi. untuk itu agar terhindar dari meningkatnya kadar gula darah, cobalah untuk olahraga secara teratur.

  • Stres

Stres yang berlebihan juga dapat menjadi salah satu penyebab dari gula darah tinggi. Stres bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, contohnya seperti pekerjaan, keluarga, penyakit, masalah keuangan, dan masih banyak hal lainnya. Semua orang tentu tidak menginginkan adanya stres, namun terkadang masalah bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Yang perlu kita ketahui sebebarnya stres ini bisa dicegah dengan berbagai cara seperti curhat kepada orang yang dipercaya, rekreasi, istirahat yang cukup, melakukan hobi yang disukai dan lainya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Faktor Penyebab Gula Darah Tinggi"

Posting Komentar